https://magelang.times.co.id/
Berita

Pasok Air untuk Lumbung Pangan di Tasikmalaya dan Ciamis, Presiden RI Jokowi Resmikan Bendungan Leuwikeris

Kamis, 29 Agustus 2024 - 17:20
Pasok Air untuk Lumbung Pangan di Tasikmalaya dan Ciamis, Presiden RI Jokowi Resmikan Bendungan Leuwikeris Presiden RI Jokowi didampingi Menter PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meresmikan Bendungan Leuwikeris serta Modernisasi dan Rehabilitasi Daerah Irigasi Manganti, Kamis (29/8/2024) (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES MAGELANG, TASIKMALAYAPresiden RI Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono meresmikan Bendungan Leuwikeris serta Modernisasi dan Rehabilitasi Daerah Irigasi Manganti. Peresmian dilakukan bersama siswa/siswi SD dan SMP dari Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Kamis (29/8/2024).

Rangkaian peresmian diawali dengan tarian kontemporer dengan lirik lagu Lir-ilir, dilanjutkan penekanan/memasukkan replika Kujang dan penanaman pohon.

Presiden RI Jokowi juga berinteraksi dengan mengajak para pelajar meninjau main dam (tubuh bendungan) dan bertanya jawab seputar manfaat bendungan kepada para pelajar yang hadir. Kehadiran para pelajar ini merupakan upaya edukasi kepada generasi muda akan pentingnya bendungan sebagai sarana dan prasarana pengelolaan air.

Presiden RI Jokowi mengatakan air adalah sumber kehidupan, air juga merupakan simbol keseimbangan dan keharmonisan. Namun, jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan bencana. Tanpa air tidak ada kehidupan dan makanan. Oleh karena itu, air harus dikelola dengan baik dan salah satunya melalui pembangunan Bendungan Leuwikeris.

"Kita harapkan Bendungan Leuwikeris manfaatnya betul-betul multifungsi, baik untuk air baku, air irigasi, pengendalian banjir, dan pembangkit listrik. Sudah dihitung ini dapat mengairi daerah irigasi seluas 11,200 hektare, besar sekali manfaatnya bagi petani," kata Presiden RI Jokowi.

Bendungan Leuwikeris merupakan bendungan ke-45 yang diresmikan Presiden RI Jokowi dari 61 bendungan yang dibangun selama periode 2015-2024.

PUPR.jpg

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan bertujuan untuk peningkatan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, penyediaan air baku dan pengendalian banjir.

"Sungai Citanduy belum memiliki bendungan. Dengan pembangunan Leuwikeris diharapkan  kontinuitas suplai air ke sawah terjaga. Selama ini lahan pertanian kerap mengalami banjir saat musim hujan dan kekurangan air pada musim kemarau," kata Menteri Basuki.

Secara efektif Bendungan Leuwikeris mampu menampung air seluas 243 hektare dengan kapasitas volume 81 juta m3. Konstruksi Bendungan Leuwikeris mulai dikerjakan sejak 2016 dengan  biaya APBN senilai Rp3,5 triliun.

Setidaknya terdapat 5 manfaat dari dibangunnya Bendungan Leuwikeris yang berada di Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis yakni untuk menyuplai air irigasi Daerah Irigasi (DI) Lakbok Utara di Ciamis seluas 6.600 hektare dan DI Manganti di Cilacap seluas 4.616 hektare.

Untuk menyediakan air baku sebesar 845 liter/detik bagi Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis. Selanjutnya mereduksi banjir sebesar 1.911 hektare dan potensi sebagai  sumber daya listrik untuk PLTA sebesar 20 megawatt (MW).

Selanjutnya Bendung Manganti merupakan infrastruktur Sumber Daya Air yang airnya bersumber dari Bendungan Leuwikeris. Bendung Manganti akan memberikan layanan irigasi seluas 26.153 hektare dengan debit air 45 m3 per detik.

Pekerjaan modernisasi dan rehabilitasi Bendung Manganti dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy, Ditjen SDA sejak 2022 - 2024 dengan biaya sebesar Rp639 miliar. Adapun ruang lingkup pekerjaannya meliputi rehabilitasi saluran orimer 24,17 km, rehabilitasi saluran sekunder 38,11 km, digitalisasi Jaringan Irigasi (DI) Manganti.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PURR RI Bob Arthur Lombogia, Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Bendungan dan Danau, Ditjen SDA Kementerian PUPR RI Adenan Rasyid, Kepala BBWS Citanduy Elroy Koyari. (*)

Pewarta : Faizal R Arief
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Magelang just now

Welcome to TIMES Magelang

TIMES Magelang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.